Perkembangan Pada Masa Tua


purnawirawan2Karakteristik Lanjut Usia

Siapakah yang disebut sebagai orang lanjut usia. Seseorang digolongkan sebagai lanjut usia ketika menginjak usia 60 tahun keatas. Proses penuan terjadi secara bertahap dan merupakan proses yang tidak dapat dihindarkan.Menjadi tua adalah suatu proses alamiah yang berkesinambungan terus menerus sejak lahir kedunia karena tidak terjadi secara tiba – tiba.Masa tua tidak dapat direncanakan dan ditata sesuai keinginan. Pada usia lanjut usia terjadi penurunan aspek fisik maupun aspek psikis.

Masa usia lanjut adalah masa dimana terjadi beberapa hal sebagai berikut :

Usia lanjut merupakan periode penurunan

  • Terjadinya kemunduran fisik maupun psikis .
  • Akibat adanya penurunan fisik mengakibatkan dirinya merasa tidak dapat mengerjakan berbagai aktivitas sebaik saat muda dulu.Penurunan fisik tersebut menyebabkan mereka menjadi tergantung dengan orang lain.

Penurunan Fisik pada anggota tubuh tersebut meliputi:

  • Kulitnya semakin keriput dan mengkerut sehingga tampak kering
  • Sudah tidak mempunyai gigi sehingga merubah bentuk mulut, sehingga banyak orang yang lanjut usia yang memakai gigi palsu, bahkan karena ekonomi yang tidak mendukung menyebabkan mereka para lansia tidak memakai gigi palsu
  • Pipi mengkerut dan terlihat longgar dan kempot
  • Tumbuh uban pada seluruh rambut dan rambut semakin menipis
  • Bahu membungkuk
  • Panggul tampak mengendor dan lebih lebar dibandingkan dengan waktu sebelumnya
  • Tangan menjadi kurus kering dan tampak hanya tulang saja
  • Kuku pada kaki dan tangan mengeras dan kelihatan kabur
  • Penglihatan

Terjadi penurunan penglihatan pada orang lanjut usia. Pada umumnya mereka sudah tidak mampu lagi membedakan warna dan  tidak dapat melihat pada jarak jauh, pandangan terlihat kabur.Adanya kecamata cukup membantu penglihatan.

  • Pendengaran

Orang lanjut usia kehilangan kemampuan untuk mendengar.Sehingga perlu adanya alat bantu untuk dapat memudahkan komunikasi.Terkadang kita harus mendekat dengan mereka untuk berkomunikasi dengan jelas.

  • Kekuatan

Orang yang sudah lanjut usia lebih cepat lelah ketika melakukan aktivitas. Cepat kehabisan tenaga. Tidak bisa melakukan pekerjaan yang membutuhkan tenaga yang banyak.

  • Kecepatan

Tidak bisa mengerjakan sesuatu dengan cepat.Sealalu membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikan suatu hal.Misalnya didalam berjalan cukup lambat dan kadang membutuhkan bantuan untuk menuntunya.

  • Kekakuan

Pada orang yang lanjut usia cenderung menjadi kagok dan canggung.Sehingga biasanya mereka tidak mampu memegang sesuatu dengan erat. Kadang apa yang dipegangnya justru jatuh karen tidak mampu memegang dengan erat.

Penurunan mental yang  terjadi pada usia lanjut :

  • Memandang hidup mereka secara keseluruhan dengan ragu-ragu , suram , putus asa karena adanya anggapan bahwa jika masa lanjut usia adalah masa dimana terjadi kemunduran, berpenyakitan, tidak menyenangkan,.
  • Ingatan orang berusia lanjut pada umunya lemah dalam mengingat suatu hal. Terutama hal-hal yang telah lama dipelajari
  • Orang yang lanjut usia biasanya bersifat kekanak- kanakan, manja, cerewet dan bawel, dan ingin selalu diperhatikan.
  • Keinginan seks pada orang yang telah lanjut usia pada umumnya telah menurun.

Perbedaan efek yang dialami individu dalam proses menua

Proses penuaan yang terjadi pada seseorang berbeda antara yang satu den gan yang lain. Orang menjadi tua secara berbeda karena mereka mempunyai sifat bawaan yang berbeda, sosial ekonomi dan latar pendidikan yang berbeda, dan pola hidup yang berbeda.

Misalnya : Beberapa orang yang beranggapan bahwa dan masa lanjut usia adalah menyenangkan dan masa untuk beristirahat dari segala aktivitas yang melelahkan, tetapi ada juga yang berfikir bahwa masa tua adalah sebuah kutukan.

Usia tua dinilai dengan kriteria yang berbeda

Pada umumnya orang cenderung menilai tua berdasarkan penampilan dan kegiatan fisik.Orang dewasa mengannggap bahwa orang yang lanjut usia adalah orang lanjut usia adalah orang yang rambutnya putih dan tidak lama lagi akan berhenti dari aktivitasnya sehari – hari.Sehingga banyak orang yang berusia lanjut melalakukan sesuatu untuk dapat menutupi usia mereka.

Misalnya : Mereka memakai pakaian yang biasa dipakai orang muda dan berpura – bura mempunyai tenaga muda.Hal ini digunakan untuk menutupi diri dan membuat ilusi bahwa mereka belum lanjut usia.

Prasangka buruk terhadap orang lanjut usia

  • Adanya stereotipe tentang usia lanjut yang tidak menyenangkan.
  • Orang wanita yang telah lanjut usia digambarkan sebagai orang yang rewel dan jahat
  • Adanya stereoitipe bahwa usia lanjut adalah pria dan wanita yang keadan fisik dan mentalnya loyo, usang, sering pikun, jalnnya membungkuk dan sulit hidup besama orang lain.

Keinginan menjadi tua sangat kuat pada usia lanjut

Pada usia lanjut biasanya seseorang merasa bahwa ia telah tersisihkan karena kekurangannya.Hal ini secara alami membangkitkan mereeka untuk kembali muda dengan menutupi semua tanda penuan yang ada.

Tugas Perkembangan Usia Lanjut

Tugas perkembangan pada usia lanjut antara lain sebagai berikut :

Menyesuaikan diri dengan penurunan kekuatan fisik dan kesehatan

Orang tua diharapkan untuk menyesuaikan diri dengan menurunnya kekuatan dan menurunnya kesehatan secara bertahap.Karena keadaan fisik yang lemah dan tak berdaya membuat orang berusia lanjut tergantung dengan orang lain. Mereka diharapkan untuk mencari kegiatan untuk mengganti tugas – tugas terdahulu yang menghabiskan waktu ketika mereka masih muda.

Misalnya : Dengan mengisi waktu luang mereka dalam kegiatan pengajian atau pendekatan spiritual.

Menyesuaikan diri dengan masa pensiun dan penurunan pendapatan

Ketika datang masa pensiun biasanya terjadi gejolak bagi para mereka yang belum siap untuk pensiun.Untuk itu perlu adanya penyeuan terhadap datangnya masa pensiun.Dengan datangnya masa pensiun juga diiringi dengan terjadinya penurunan pendapatan.Karena dulunya mereka bekerja berubah menjadi tidak bekerja.Hal ini menyebabkan kadang mereka menarik dari kegiatan – kegiaan sosial dan memaksa para lansia untuk mengatur pola ekonomi mereka yang sesuai dengan pendapatannya.

Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan

Sebagian besar orang berusia lanjut perlu mempersiapkan dan menyesuaikan dengan peristiwa kehilangan pasangan, perlu untuk membangun ikatan dengan anggota kelompok dari usia mereka untuk menghidari kesepian dan menerima kematian dengan tentram.Kematian pada suami menjadi masalah bagi seorang istri.Karena pada umumnya seorang suamilah yang membiayai segala kebutuhan didalam kehidupannya.

Memantapkan diri bahwa sekarang ia berada pada kelompok usia lanjut.

Kesimpulan

Menjadi tua adalah suatu proses alamiyah yang berkesinambungan, terjadi terus menerus sejak seseorang lahir kedunia karena tidak terjadi secara tiba – tiba, masa tua

Baca Juga

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s