Proses Konseling Trait-Factor


PROSES KONSELING TRAIT-FACTOR

(Dengan Alternatif Contoh Kata-kata Kunci)

Oleh: Prof. Dr. Soeharto, M.Pd.

A.  PENDAHULUAN

1.   Menyambut kehadiran klien
Konselor :Selamat siang mas…/mbak.. (kalau sudah tahu namanya). Silahkan masuk. Silahkan duduk.

Atau

Selamat siang. Silahkan masuk. Silahkan duduk.

Kalau saya memanggil, mas/mbak siapa ya?

Klien: … … ….

Konselor: Ada masalah…sehingga mas…/mbak…… menemui saya?

Klien: … … ….

Konselor: Baiklah

2.   Menciptakan hubungan yang baik

Konselor: Kita di sini akan bincang-bincang yang berkaitan dengan masalah kalian. Tentu saja tujuannya agar masalah kalian teratasi. Bagaimana….setuju kan?

Klien:… … ….

Konselor: Baiklah. Untuk itu saya perlu memahami masalah kalian, dan untuk itu pula saya minta kalian memberikan keterangan-keterangan yang saya perlukan. Tidak keberatan kan? Tentu saja saya akan menjaga kerahasiaannya, baik sekarang maupun kapan saja. Bagaimana? Bisa dimulai?

Klien: … … ….

3.   Mendengarkan keluhan klien

Konselor:Coba sekarang ceritakan kepada saya apa saja yang mas…/mbak… pikirkan atau rasakan tidak enak. Ceritakan seluruhnya apa adanya. Sekali lagi, percayalah…. Pasti saya jamin tidak aka nada orang tahu kecuali saya.

Klien: … … …. (Klien mengungkapkannya)

Konselor: O…begitu. Ya ya ya. Apa lagi…? (Dan seterusnya….)

4.   Mempersetujukan tujuan

Konselor:Sesuai keterangan-keterangan yang telah kalian sampaikan, benar bahwa hal itu adalah masalah yang harus diatas. Kalian ingin lepas dari cengkraman masalah itu kan? Kalian ingin senang dan tenang seperti kemarin… Bagaimana… setuju begitu?

Klien: … … ….

B.  INTI

5.   Mengumpulkan informasi

Konselor: Tadi mas…/mbak…mengatakan…… Dan juga mengatakan….. Dapat dijelaskan lebih banyak lagi? (Dst. sampai diperoleh informasi yang lengkap)

Klien: … … ….

6.   Memadukan berbagai informasi

Konselor:Dari keterangan-keterangan kalian, yang kalian hadapi saat ini adalah …….. Di samping itu adalah ….. Juga ….. bagaimana… benar begitu?

Klien: … …. …..

7.   Merumuskan/menetapkan masalah dan penyebabnya

Konselor: Baiklah… Sekarang sudah sama-sama dapat kita ketahui bahwa kalian menjadi begini ini… (Katakan sesuai keluhannya) adalah karena….. Ya inilah masalahnya. Bagaimana… benar begitu?

Klien: … … …..

Konselor: Memang wajar kalau jadinya kalian jadi seperti ini. Makanya perlu dicari pemecahannya.

8.   Mencari beberapa kemungkinan jalan keluar

Konselor: Mas…/mbak…. Mari kita pikirkan bersama bagaimana caranya agar mas…/mbak…. dapat keluar dari pikiran dan perasaan yang terganggu ini.

Coba, menurut mas…/mbak… apa? Katakan saja… salah tidak apa-apa.

Klien: … …. ….

Konselor: baik.. Itu bagus… Apa lagi…?

Klien: … … ….

Konselor: Baik. Ada cara lain lagi. (pendapat konselor..katakan kepada klien). Bagaimana? Baiklah. Jadi, supaya mas…/mbak… bisa bahagia lagi, perlu melakukan beberapa pilihan cara. Apa itu mas…/mbak….? (Mintalah klien untuk menyebutkan….)

9.   Memilih jalan keluar yang paling tepat

Konselor: Dari beberapa cara itu mungkin ada yang paling efektif atau paling jitu untuk dilakukan. Yang mana? Baik. Saya sependapat dengan pilihan kalian. (Kalau memang itu paling tepat.. Kalau pilihan itu bukan yang paling tepat, kemukakan pilihan konselor)

10.               Merencanakan pelaksanaan jalan keluar

Konselor: Sekarang menurut mas…/mbak… bagaimana rencananya untuk melaksanakan cara yang dipilih tadi? (Biarkan klien mengatakan dulu rencananya… dan kalau tidak tahu, konselor menerangkan rencana melaksanakannya)

11.               Memberi pertolongan menuju jalan keluar (treatment) untuk dilakukan di dalam dan diluar proses konseling

Konselor: Ya… sesuai rencana itu, mas…/mbak… perlu….dan…dan….dst. (katakan atau kemukakan saran atau pendapat atau anjuran konselor)

Klien: …. …. ….

12.               Mengevaluasi hasil pemberian pertolongan dan melakukan tindak lanjutnya

Konselor: Bagaimana perasaan kalian sekarang? Dan kira-kira bagaimana diri kalian ada perubahan apa tidak kalau saran-saran saya telah dapat dilaksanakan semua nanti? Memang semua tadi harus dilaksanakan agar yang kalian inginkan dapat terwujud.

C.  PENUTUP

13.               Membuat kesimpulan

Konselor: Kita sudah membicarakan banyak hal, yaitu…………, ………….., ……………. Mas…/mbak…. Akan melakukan……………., ……………, ……………… (ajaklah klien untuk menyebutkan/mengatakan).

14.               Menutup pertemuan

Konselor: (Menyambung penyampaian kesimpulan tawarkan kepada klien dan doronglah untuk berinisiatif mengakhiri, dengan kata-kata: Bagaimana … perjumpaan kita kali ini diteruskan apa dapat dilanjutkan pada kesempatan lain ?

Klien: ……………. (biasanya klien setuju diakhiri)

About these ads

One thought on “Proses Konseling Trait-Factor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s